Jumat, 10 Juli 2009

Bagaimana Membuat Jaringan (Cara Benthenk)

Hari ini lagi males aja jadi iseng2 d bagi ilmu aja buat semua orang. Today aku mau sharing bagaimana cara membuat jaringan computer sendiri baik itu untuk jaringan kantor atau pun jaringan untu sebuah warnet. Ok aku akan coba dari hardware yg dibutuhkan.

Hardware untuk Jaringan adalah

1. Pci Lan Card (lan card/kartu jaringan) ada banyak macam dan bentuknya dan kebanyakan untuk semua motherboard baru udah onboard, apa bedanya sama yang PCI kata orang2 yg kebanyakan ilmu katanya lebih stabil tapi kalo buat aku yag ilmunya otodidak gua rasa si sama aja lah. Yg penting fungsinya untuk nancepin kabel lan dan bisa connect ke hub atau pc dalam jaringan tersebut.
2. Kabel BELDEN, ini kabelnya untuk buat jaringan ati2 ada 2 macem ada yg original buatan us dan ada yg no 2 buatan Taiwan. Agak beda dikit yg original lebih bagus ngantar datanya kalo yg Taiwan agak lambat tapi bisa juga dipake
3. Conector RJ 45. Ini conector buat masukin kabel yang nantinya akan kita tancepkan ke PCI lan Card.

Ada 2 metode pembuatan kabel untuk jaringan

1. Untuk 2 komputer (peer to peer) biasanya cross (disilang) metode pembuatannya menggunakan rumus ini 1-3, 2-6. Jadi untuk membuatnya pada ujung 1 susunan kabel standarnya adalah 1 putih oranqe , 2 orange, 3 putih hijau, 4 biru, 5 putih biru, 6 hijau, 7 putih coklat, 8 coklat. Dan untuk ujung conector yg disebelahnya kita gunakan susunan kabel 1. Putih hijau, 2 hijau, 3 putih orange, 4 biru, 5 putih biru, 6 orange, 7 putih coklat, 8 coklat.
2. Untuk 3 komputer atau menggunakan hub lebih dari 2 komputer ini susunanya straight (lurus) jadi kedua ujungnya susunan kabelnya sama aja 1 putih oranqe , 2 orange, 3 putih hijau, 4 biru, 5 putih biru, 6 hijau, 7 putih coklat, 8 coklat.

Nah sekarang tinggal connectingnya aja caranya adalah lewat tcp ip kita buka control panel cari network & internet conection aka nada hardware lan disitu nah kita klik kanan lalu properties akan muncul pilihan pilih tcp ip. Lalu tekan properties lagi kita akan diminta otamatic ip adres atau manual kalo manual kita tulis ada seperti ini contoh untuk 2 komputer. Computer 1 ip adressnya adalah seperti ini 192.168.1.1 dan subnet masknya adalah 255.255.255.0 sedangkan computer 2 untuk ip adressnya diganti aja digit paling terakhirnya jadi 192.168.1.2 dan subnet masknya sama aja 255.255.255.0

Itu untuk jaringan local. Kalo untuk jaringan internet maka kita harus pasang dulu 1 komputer yang tersambung internet kemudian lewat start kita cari program run. Setalah itu muncul kolom tulis dikolom itu cmd tekan enter akan muncul perintah dos dan di situ kita tulis ipconfig /all nanti akan terlihat semua nya dari ip address, subnet mask, default getway dan dns server kita tinggal catat dan masukin nomornya itu ke computer satu lagi yang diganti hanya digit terakhir dari ip address sama kaya buat jaringan local kalo yang subnet mask, default getway dan dns servernya tingal disamakan aja dengan apa yang muncul. Setelah itu restart computer kedua dan pasti computer itu udah connect d dengan internet. Selamat mecoba semoga berhasil. Kalo ga ngerti bisa email aku ke Junyan.se@gmail.com tar aku kan coba bantu sebisa aku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar