Senin, 15 Juni 2009

Cara Membuat Windows Run Menu Sendiri

AddToRun
http://i42.tinypic.com/9a8swx.jpg
Tentu kita sering menggunakan shortcut pada keyboard. Nah, aplikasi AddToRun mungkin dapat lebih memuaskan teman-teman dalam mainan shortcut. Karena, terkadang kita juga suka menggunakan shortcut WinKey + R untuk menjalankan program atau perintah baris (comman line).

Kita mungkin tidak tahu bahwa WinKey + R dapat menjalankan run menu prompt. Masalahnya terdapat daftar shortcut lain yang tersedia pada Run Menu, terutama untuk program-program di Windows accessories dan juga system files. Oleh karena itu, AddToRun memungkinkan kita dalam membuat shortcut atau run-box shortcut sesuai keinginan kita sendiri. Asik kan??

Nah, sebagai contoh Saya akan membuat shortcut untuk program klien pada Steam game. Berikut liputannya :

AddToRun

AddToRun merupakan aplikasi portable yang berarti kita tidak harus melakukan install program tetapi kita hanya perlu mendownload dan kemudian menjalankan aplikasi tesebut. Kita bisa menjalankannya secara langsung dari flash drive ataupun menggunakan 7z archive file (gunakan 7-Zip gratis untuk membuka archive) dengan tanpa melakukan install.

Pilih program yang kita inginkan untuk dibuat shortcut-nya melalui WinKey+R dan mengetikkan alias pada program yang akan dibuatkan shortcut lalu klik OK.

thumb

Alias yang dibuat akan sama baiknya dengan membuka program file tersebut secara langsung, termasuk menambahkan beberapa parameter atau beberapa pengaktifan lain untuk menjalankan perintah. Katakanlah kita telah membuat alias “ff” untuk Firefox. Kemudian, kita bisa menuliskan “ff google.com” dan firefox akan membuka dan melakukan loading pada Google.com. Tentunya, kita juga dapat mengganti Google.com dengan situs lain yang kita inginkan.

AddToRun memiliki keuntungan dalam membuat beberapa alias bekerja tanpa harus menjalankan program launcher. Ini sangat membantu jika kita merupakan pengguna komputer PC yang suka memencet-mencet berbagai kinerja dari sistem komputer kita.

Jika teman-teman memiliki cara favorit lain dalam meluncurkan program yang serupa atau membuat shortcut yang lebih keren, jangan sungkan untuk di share melalui komen. Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar